5 Software Ilustrasi Digital (Menggambar Digital) Paling Ringan & Terbaik

Menggambar Digital

Kalian ilustrator pemula yang masih bingung mau gambar pake software apa? Atau kalian ilustrator dengan jam terbang yang sudah cukup tinggi namun software yang kalian pakai sekarang terasa kurang nyaman atau belum mencukupi kebutuhan kalian?

Kalau iya, berarti kalian sekarang sedang membaca artikel yang tepat dan mungkin bisa menyelesaikan problem kalian tersebut.

Ngomong-ngomong, saya adalah digital ilustrator yang memulai belajar menggambar digital sejak Februari 2016. Semenjak itu saya sering sekali mencoba-coba software ilustrasi yang gratis maupun berbayar karena pada dasarnya saya orangnya kepo dan agak perfeksionis hehe...

Berikut ini adalah software yang paling saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman saya, terutama jika spesifikasi PC kalian termasuk rendah:


1. Clip Studio Paint/Manga Studio (Berbayar)

Tampilan Clip Studio Paint

Clip Studio Paint atau yang dulu dikenal dengan nama Manga Studio adalah software yang paling saya favoritkan dan sampai sekarang menjadi software andalan saya dalam menggambar.

User interface (tampilan) software ini memang terkesan rumit bagi pemula. Namun setelah kalian terbiasa dengan tool-toolnya, kalian pasti akan merasa begitu dimudahkan dengan berbagai fiturnya yang sangat lengkap untuk mengkreasikan ilustrasi, komik maupun animasi.

Hah! Animasi? Iya, CSP (Clip Studio Paint) memang juga bisa dipakai buat bikin animasi frame by frame. Di versi terbarunya juga sudah bisa input sound (dulu cuma bisa bikin gambar animasinya, untuk input soundnya harus pakai aplikasi lain).

2. Paint Tool SAI (Berbayar)

Tampilan Paint Tool SAI

Paint Tool SAI termasuk aplikasi paling ringan yang pernah saya gunakan. Sebelum kenal dan mencoba CSP, saya menggunakan Paint Tool SAI sebagai software gambar primer.

Kelebihan SAI ada pada tampilannya yang simpel & sangat bersahabat namun cukup powerful buat para pemula.

3. Medibang Paint Pro (Gratis)

Tampilan Medibang Paint Pro

Medibang Paint Pro bisa dikatakan sebagai versi gratisan dari Clip Studio Paint karena tampilan, fitur dan workflownya yang punya banyak kemiripan.

Kekurangan dari software ini berdasar pengalaman saya ada pada responsifitas brushnya yang cukup laggy, jadi terdapat jeda antara goresan brush kita dengan tampilan hasilnya di layar. Meskipun kedengarannya sepele tapi ini sangat mengganggu buat saya.

4. Autodesk Sketchbook (Gratis)

Tampilan Autodesk Sketchbook

Dulu Sketchbook adalah aplikasi berbayar namun sejak 2017 atau 2018 (saya lupa hehe) menjadi gratis asalkan kita punya akun Autodesk. Software ini berbasis multiplatform (bisa digunakan di Android, PC dan iOS) dan cukup populer di kalangan vektoris-vexelis & WPAPer di Indonesia.

Menurut saya, software ini sangat ringan dan punya tampilan paling simpel dibanding software-software yang saya sebutkan di atas. Saking simpelnya sampai saya bingung ketika mencari tool yang saya butuhkan 😅. Kekurangan lainnya dari Sketchbook yaitu shortcutnya yang berbeda dari kebanyakan software gambar (shortcut software gambar lainnya berkiblat pada shortcut Photoshop).

5. Krita (Gratis)

Tampilan Krita

Mungkin software ini terdengar sangat asing bagi kalian, tapi sebenarnya Krita ini juga sangat powerful buat menggambar. Hanya saja saya merasa kurang sreg dengan Krita yaitu selain karena brushnya yang laggy, juga toolnya yang terasa kurang familiar buat saya. Shortcutnya pun cukup berbeda seperti halnya shortcut di Autodesk Sketchbook. 


Demikianlah 5 software untuk menggambar digital paling ringan dan terbaik menurut saya. Jadi bagaimana? Sudah cukup mendapat pencerahan kira-kira software ilustrasi apa yang cocok buat kalian? Kalau masih belum, cobain saja satu persatu software yang saya sebutkan di atas.
NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

9 komentar untuk "5 Software Ilustrasi Digital (Menggambar Digital) Paling Ringan & Terbaik"

Comment Author Avatar
unik juga penulis blog ini, ilustrator yang berotak kiri, hmmm menarik!:)
Comment Author Avatar
Aku pake Picsart Color Paint buat gambar drakor di hp, keknya gada yg pake hahahha
Comment Author Avatar
kalo picsart tuh kayaknya lebih cocok buat edit-edit foto soalnya, jadinya ya jarang ada yang pake untuk keperluan menggambar.
Comment Author Avatar
Aku terbantu banget sama artikel artikel noov ini. Terim kasih!!!(≧▽≦)
Comment Author Avatar
Sama-sama.
Senang bisa membantu 😁
Comment Author Avatar
Kak kalau procreate?menurut kakak bagaimana?
Comment Author Avatar
di blog ini aku udah pernah bikin tulisan khusus tentang procreate ya bosku. coba deh diubek-ubek lagi isi blognya..
Comment Author Avatar
Kalau Adobe Illustrator gmn mas?
Comment Author Avatar
AI itu software vector ya bosku, sedangkan di artikel ini cuma fokus bahas buat raster software.
kalo AI mah udah gak perlu dipertanyakan karena dia software vektor standar industri internasional.