7 Keunggulan Clip Studio Paint Dibanding Software Ilustrasi Lainnya



Clip Studio Paint (dulu dipasarkan dengan nama Manga Studio) adalah keluarga software untuk macOS, Windows dan iOS yang dikembangkan Celsys, perusahaan software grafis asal Jepang. Fungsi utamanya adalah untuk pembuatan ilustrasi, komik dan 2D animasi frame by frame.

Clip Studio Paint dijual dalam berbagai versi dengan fitur dan harga yang berbeda. “Debut” dengan fitur-fitur dasar, “Pro” yang merupakan edisi standar dan “EX” sebagai versi dengan fitur paling lengkap. Perbandingannya sebagai berikut:

Komparasi CSP Pro & EX
Sumber: clipstudio.net

CSP dengan cepat menjadi salah satu program paling populer di industri manga & komik karena kemampuan & fitur-fiturnya yang impresif serta harganya yang terjangkau.

Salah satu kompetitor utamanya di lapangan adalah Photoshop yang merupakan pemain lama dan masih menjadi software standar industri sampai sekarang. Akan tetapi banyak artist dan ilustrator yang mulai melihat CSP sebagai alternatif Photoshop terbaik karena lebih versatil dalam beberapa hal yang akan saya sebutkan di review ini.

1. Fleksibilitas Menggambar



Di antara keunggulan CSP dari kebanyakan software Ilustrasi lainnya yaitu fleksibilitasnya dalam mengkreasikan karya. Kita bisa memilih antara menggunakan mouse (meski tidak direkomendasikan) atau menggunakan pen tablet agar bisa menggambar manga & komik dengan lebih bebas dan nyaman.

Responsifitas & sensitifitas tekanan pen dan brushnya terasa begitu natural seperti menggambar di kertas jika digunakan dengan tablet grafis semacam Cintiq maupun tablet gambar biasa. Banyak yang berpendapat dalam hal ini CSP lebih superior dibanding Photoshop.

2. Pilihan Brush yang Beragam


Di CSP kita bisa membuat dan memodifikasi brush untuk menyesuaikan dengan efek yang kita butuhkan. Sedangkan kebanyakan software ilustrasi hanya mempunyai pilihan brush yang terbatas dan tentunya ini akan membatasi kreatifitas kita juga.

Celsys juga menyediakan database online yang berisi lebih dari 10.000 material, brush dan elemen yang bisa diakses secara gratis di website Clip Studio Assets.

3. Vector Toolkit



Saya pribadi kurang begitu mengeksplor fitur ini namun sebenarnya vector tool ini cukup memudahkan dalam pembuatan lineart terutama bagi pengguna mouse. Lineart yang dibuat di layer vector bisa diubah jenis, bentuk dan ketebalannya dengan bebas.

4. Tool Mewarnai yang Lengkap


Software ini punya tool untuk mewarnai yang bisa memenuhi segala kebutuhan kita untuk menciptakan warna yang vibran dan cantik. Kita juga bisa menggambar baik dalam format RGB maupun CMYK jika selanjutnya kita menginginkan karya kita untuk dicetak.

5. Kemampuan Olah 3D Model



Kita bisa menggunakan dan memanipulasi 3D model dengan mudah di CSP. 3D model ini bisa kita gunakan sebagai referensi atau bisa juga kita trace.

6. Kemampuan Impor dan Ekspor File


CSP mendukung semua format file JPEG, TIFF, PNG, BMP, PSD/PSB juga format PaintTool SAI. Jika kita menghendaki untuk ekspor file kita ke format Kindle atau ePub (untuk eBook) CSP juga bisa.

7. Animasi Frame by Frame


CSP EX punya kemampuan olah animasi unggulan yang dikombinasikan dengan tool menggambar yang superior. Di sinilah letak keunggulan utama CSP dibanding kompetitornya. Tool animasinya menawarkan timeline yang bisa disesuaikan serta fitur unik lainnya untuk mengubah manga dan ilustrasi kita menjadi lebih hidup.


Sebenarnya masih banyak lagi fitur Clip Studio Paint yang sangat memanjakan para ilustrator, sehingga proses menggambar menjadi lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan software ilustrasi lain. Namun preferensi penggunaan software tetap kembali pada kebutuhan dan kenyamanan ilustrator itu sendiri.

Kalau menurut kalian bagaimana? Jangan sungkan-sungkan untuk menumpahkan uneg-uneg ataupun pertanyaan kalian di kolom komentar ya...!
NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

2 komentar untuk "7 Keunggulan Clip Studio Paint Dibanding Software Ilustrasi Lainnya"

Comment Author Avatar
Artikel bagus kak! Btw Harga atau Ukuran Apk CSP nya berapa tuh??
Comment Author Avatar
Saya mau beli paket software ini yang EX series, bisa hubungi saya di 0817.010.6969
Thank you.