Procreate, Aplikasi Menggambar yang Begitu Mudah untuk Dicintai

Procreate, Aplikasi Menggambar yang Begitu Mudah untuk Dicintai

Di postingan sebelumnya saya sudah membahas Clip Studio Paint, software yang jadi andalanku untuk menggambar saat ini. Memang benar saya menggunakan CSP untuk menggambar sehari-hari namun sebenarnya saya tidak terlalu mencintainya (yaelah jomblo, cinta kok sama software!).

Saya punya satu aplikasi lagi yang membuat saya jatuh cinta sampai klepek-klepek meskipun aplikasi ini tidak saya gunakan secara reguler. Aplikasi ini bernama Procreate, besutan Savage Interactive developer asal Australia.

Kok bisa saya sampai jatuh cinta klepek-klepek pada Procreate? Hal itu dikarenakan dengan tampilan yang begitu simpel dan cantik, Procreate mempunyai fitur dan kinerja yang sanggup menghandle proses pengerjaan ilustrasi dan painting layaknya Photoshop yang notabene merupakan software standar untuk digital art saat ini.

Sebelum menjelaskan keistimewaan-keistimewaan Procreate, saya ingin menceritakan proses perkenalan saya dengan aplikasi penyabet gelar “Apple Design Award Winner” dan “App Store Essential” ini.

Ceritanya begini, dulu sekitar tahun 2015/2016 saya begitu menggemari game MOBA Vainglory. Karena game Vainglory berbasis tap-tap dan bukan analog seperti halnya Mobile Legends dan AOV (waktu itu belum ada MOBA analog), maka saya pun mengalami kesulitan untuk memainkannya di smartphone. Kemudian saya berpikir untuk membeli iPad agar bisa bermain Vainglory dengan lebih nyaman karena layarnya lebih lebar.

Waktu itu sebenarnya saya benar-benar buta dengan device-device Apple sebab saya sama sekali tidak mengikuti berita & perkembangan device Apple karena harganya yang tidak ramah di kantong. Berbekal hasil browsing di Google dan menonton review jenis-jenis iPad di YouTube, saya pun akhirnya nekat membeli iPad 3 bekas via OLX.

Alhamdulillah kenekatanku itu tak sampai membuat saya membeli kucing dalam karung. Saya berhasil mendapatkan iPad 3 dalam kondisi mulus & sehat wal afiat. Satu-satunya cacat ada di charger karena charger yang diberikan seller adalah charger abal-abal yang langsung berasap ketika pertama kali saya gunakan untuk nge-charge. Beruntung korsleting charger itu tak sampai merusak iPadnya.

Tak rela jika iPad yang saya beli itu hanya digunakan untuk bermain game, saya pun berinisiatif menggunakannya untuk produktifitas yang dalam hal ini adalah menggambar.

Pada awalnya saya menginstal Autodesk Sketchbook. Namun karena tidak puas dengan fiturnya yang terbatas, lantaran yang saya gunakan adalah versi gratisan (waktu itu Sketchbook belum gratis seperti sekarang), saya pun mencari-cari lagi aplikasi gambar lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Singkat cerita saya pun menemukan aplikasi Procreate ini. Sayangnya saya tak bisa langsung menginstalnya karena aplikasi ini berbayar (waktu itu harganya $5, murah banget khan?). Lalu saya pun membelinya menggunakan iTunes Gift Card yang saya beli di Tokopedia.

Walhasil saya berhasil menginstal dan mengoperasikan Procreate untuk menggambar. Impresi saya terhadap aplikasi ini sama seperti review-review yang banyak bertebaran di Youtube. Procreate memang aplikasi istimewa karena simpel, elegan dan intuitif.

Berikut ini saya sebutkan secara lebih terperinci apa saja yang membuat Procreate begitu istimewa berdasarkan pengalaman penggunaan saya :

  • Koleksi Brush yang Keren nan Aduhai

Sebagai aplikasi yang fokus pada digital art, Savage membekali Procreate dengan 130 brush dalam berbagai kategori. Ada kategori brush untuk membuat sketsa, inking, kaligrafi, melukis serta brush dengan berbagai efek lainnya yang cukup bisa memenuhi kebutuhan menggambar & melukis kita.

Tak cukup sampai di situ, Procreate juga menyediakan opsi untuk menciptakan & memodifikasi brush sendiri dengan 35 opsi modifikasi. Kita juga bisa mengimpor brush Photoshop favorit kita, agar bisa kita gunakan di Procreate juga.

Brush Procreate beserta Kustomisasinya
via Tutsplus

  • Brushstroke Record

Jika kita ingin merekam proses menggambar/melukis, kita tidak butuh aplikasi perekam layar eksternal karena Procreate menyediakan fitur perekam yang bekerja secara real time. Setiap brush yang kita goreskan di layar akan direkam secara otomatis oleh Procreate dan selanjutnya bisa diekspor menjadi file MP4.

Fitur ini tentunya akan sangat berguna jika kita ingin mengupload proses pengerjaan ilustrasi kita di Youtube maupun media sosial lainnya tanpa perlu repot-repot menggunakan aplikasi perekam layar eksternal yang biasanya kita lupa memencet tombol record hehe...

Adapun hasil rekamannya bisa dilihat di video berikut:


  • Streamline

Fungsi streamline di Procreate adalah untuk menstabilkan goresan-goresan brush kita agar lebih mudah dikontrol. Semakin tinggi level streamline akan menghasilkan goresan yang makin halus.

Fitur ini sangat berguna misalnya ketika melakukan inking atau ketika sedang mengerjakan proyek tipografi. Kalian bisa menyimak cara menggunakan fitur ini melalui video berikut:


  • Responsivitas yang Tinggi

Kita seringkali bermasalah dengan lag (jeda) antara goresan brush dengan munculnya hasil goresan tersebut di layar. Masalah ini kerap kita jumpai terutama di aplikasi gratisan seperti Medibang Paint. Apalagi jika brush yang digunakan adalah brush yang punya banyak efek seperti tekstur, blending dan sejenisnya, niscaya lag akan terasa semakin parah.

Di Procreate kita tidak akan menjumpai masalah lag ini karena tim developer Procreate berhasil mengoptimasinya sedemikian rupa sehingga Procreate bisa bersahabat akrab dengan sistem iOS. Hal ini wajar karena memang developernya hanya fokus mengembangkan Procreate eksklusif untuk iPad, jadinya bisa lebih totalitas.

  • Autosave

Procreate tak kenal dengan menu "save/save as" ataupun shortcut CTRL S karena setiap amal baik-buruk kita di kanvas langsung otomatis disimpan secara real time.

  • Gestur-Gestur yang Begitu Memudahkan

Jika di PC kita akrab dengan shortcut untuk mempercepat kinerja kita, maka developer Procreate menerjemahkan shortcut-shortcut tersebut dengan gestur-gestur yang simpel dan mudah diingat. Misalnya, kita cukup mengetuk layar dengan dua jari untuk melakukan undo dan mengetuknya dengan tiga jari untuk redo.



Fitur-fitur yang saya sebutkan di atas adalah fitur yang tersedia di versi Procreate yang saya gunakan saat ini, yakni versi 3.1.4. Berhubung iPad yang saya gunakan adalah iPad 3 yang jadul dan tidak support iOS 11, saya pun tak lagi bisa mengupdate Procreate ke versi terbaru yakni versi 4.2. Padahal di versi 4.2 banyak penambahan fitur-fitur keren ini:

  • Live Stream
  • Quickshape
  • Warp
  • Drawing Guide
  • Clipping Masks
  • Liquify Dynamics
  • Stroke Taper
  • Crop Canvas
  • Symmetry

Jika ingin tahu lebih lanjut fungsi dari fitur-fitur tersebut, kalian bisa menonton video ini:



Kesimpulan

Dengan harga yang murah yakni sekitar $10 tanpa adanya biaya berlangganan lagi, saya sangat merekomendasikan aplikasi dewa ini. Bahkan jika aplikasi ini harganya $100 pun menurut saya masih sangat worth it.

Namun yang perlu dicatat, aplikasi Procreate ini hanya tersedia untuk iPad. Sedangkan untuk iPhone, Savage Interactive menyediakan Procreate Pocket. Kalian tidak perlu berharap dan menunggu hadirnya Procreate di Android, Windows, Mac maupun Linux karena developer Procreate sudah mengkonfirmasi bahwasanya mereka hanya akan fokus mengembangkan Procreate untuk ekosistem iOS.
NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

62 komentar untuk "Procreate, Aplikasi Menggambar yang Begitu Mudah untuk Dicintai"

Comment Author Avatar
mau tanya bang, stylus pen-nya pake apa? dari segi compatibility dan performanya bagus ga stylus yg abang pake di ipad 3? makasih :)
Comment Author Avatar
Pake stylus adonit jot mini kalo gak salah.
Kalo buat aku yang udah terbiasa pake wacom intuos di pc, ngerasa gak nyaman sih pake stylus adonit ini soalnya gak ada pressure sensitivity (sensor tekanan)-nya
Comment Author Avatar
Apakah procreate bisa juga di instal di samsung tab?
Comment Author Avatar
ga bisa gan. cuma bisa di iPad aja ;)
Comment Author Avatar
Sudah dijelaskan bro, procreate hanya diciptakan khusus sistem iOS. Semoga saja kedepan pengembang mau menciptakan juga untuk sistem Android.
Comment Author Avatar
wah jadi kepengen beli ipad, pas butuh buat bisnis. Thanks ulasannya.
Kalo internal storage ipad penuh, file gambar bisa dipindah ke laptop os windows dulu? Kalau mau di edit pindah ke ipad lagi?
Comment Author Avatar
Bisa dong, nanti backup nya pake iTunes atau aplikasi pihak ketiga lainnya (saya lupa nama aplikasinya).
Oh iya, kalo buat kerja mending beli yang storage nya paling besar aja sekalian biar lebih lega buat simpen2 filenya.
Comment Author Avatar
3utools lebih recommended sih daripada itunes klo buat masalah transfer data
Comment Author Avatar
iPad pro 2017 bisa gak bang? Kan iosnya juga jadul
Apa perlu update ios?
Comment Author Avatar
Masih sangat bisa bosku. iPad pro 2017 masih sangat bagus untuk tahun 2019 ini. Tinggal update ke iOS 13 udah enak banget tuh!
Comment Author Avatar
Ipad mini 2019 bisa jga ga bang?
Comment Author Avatar
Bisa bosku.
Tapi layar ipad mini apa gak kekecilan buat gambar? Soalnya kalo menurutku layar yang paling enak buat gambar itu minimal 9,7in atau lebih biar viewingnya lebih lega.
Comment Author Avatar
Kl make ipad biasa bisa ga make procreate. Ga mesti ipad pro kan ya? Pennya dpt ga sih kl beli ipad. Buta bgt soal ipad soale
Comment Author Avatar
Bisa kok gan!

Sebenernya semua ipad bisa install procreate, cuma kalo versi ios-nya terlalu jadul agak susah sih. Biar lebih ngerti tentang ipad, mungkin artikel ini bisa membantu

https://www.noov.site/2019/11/Rekomendasi-ipad-Desain-ilustrasi-2019.html?m=1
Comment Author Avatar
Kalo mau beli tapi bayarnya tanpa kartu kredit bisa gak sih?
Comment Author Avatar
Sangat bisa bosku!
Caranya bisa pake itunes gift card. Belinya di marketplace kayak tokped, shopee dll. Cuma harganya lumayan mahal sih.
Kalo aku sekarang lebih suka pake Jenius, lebih praktis & murah dibanding dengan iTunes gift card.
Comment Author Avatar
Kak punya rekomendasi buat belajar gambar yg ilustrasi2 lucu lucu gt ga di procreate, selain di youtube tapi
Comment Author Avatar
Maksudnya tutorialnya apa gimana bosku?
Comment Author Avatar
Tutorial gambar nya kak dr 0 gitu
Comment Author Avatar
Wah gak tau kalo tutorial selain di youtube bosku. Soalnya aku sendiri lebih suka cari tutorial menggambar di youtube biar lebih jelas.
Comment Author Avatar
kak caranya beli brush2 nya gtu gimana ya??
Comment Author Avatar
tergantung belinya dimana bosku?
kalo beli di olshop luar biasanya diharuskan pake kartu kredit atau paypal.
Comment Author Avatar
kira-kira klo export brush dari procreate buat di pake di photoshop bisa nggak yah?
Comment Author Avatar
setahuku gak bisa bosku, soalnya beda settingan.
kalo impor brush photoshop sih bisa sejak update procreate 5.
Comment Author Avatar
EMANG BISA DIJUAL GAMBAR YANG KITA BUAT DIAPLIKASI PROCREATE
Comment Author Avatar
Bisa kok, asal ngerti cara ngejualnya
Comment Author Avatar
Kak kalau di Procreate Pocket untuk iPhone, sama ngga isinya, kualitasnya dengan Procreate untuk di iPad? Bcs saya ga punya iPad tp mau coba pakai apps Procreate
Comment Author Avatar
Sebenarnya saya udah beli procreate pocket juga tapi belum ngulik terlalu dalam. Kayaknya si fitur² penting masih tersedia juga di procreate pocket. Kekurangannya mungkin ada di jumlah layer yg bakal sangat terbatas.
Comment Author Avatar
Kak mau tanya nih procreate pocket bisa gak berjalan di iPad mini 2,
Comment Author Avatar
Gak bisa bosku.
Soalnya Procreate mensyaratkan iPad-nya minimal iOS 13.2 sedangkan iPad Mini 2 mentok di iOS 12.4.6
Comment Author Avatar
Ipad 3 bisa support stylus bang? Itu nggambarnya harus pakai stylus atau bisa pakai pen lain?
Comment Author Avatar
Support sih support, tapi stylus kayak adonit gitu, bukan apple pencil.
Pen lain itu maksudnya apa ya?
Comment Author Avatar
Bang saya pake procreate pocket, cm di brush semacam painting knp gak terlalu sensitif ya ? Ada pengaturan buat atur kesensitifan gak ya ? Atau ada pengaruh juga dari temperglass iphonenya ?
Comment Author Avatar
Ada kok settingan buat sensitifitas.
Tapi penyebab pastinya saya kurang tau kalo gak pegang hp nya langsung.

Pengaruh tempered glass juga bisa, soalnya sepengalaman saya menggunakan tempered glass itu mengurangi sensitifitas layar, terutama yang tebal² gitu.
Comment Author Avatar
Bang series ipad apa aja yang support pro create, kalo ada saranin yang harganya agak murah hehe
Comment Author Avatar
Untuk rekomendasi iPad sudah pernah saya tulis di sini ya...

https://www.noov.site/2019/11/Rekomendasi-ipad-Desain-ilustrasi-2019.html
Comment Author Avatar
Bang kalo pembayaran procreate pocket untuk selamanya ato perbulan ya?
Comment Author Avatar
Baik Procreate maupun Procreate Pocket, pembayarannya cukup dilakukan sekali saja di awal pembelian.

Tidak seperti Adobe CC yang mengharuskan kita berlangganan untuk bisa menggunakan produknya.

Dan itulah yang menjadi kekuatan dari Procreate: murah dan cukup sekali bayar!
Comment Author Avatar
Procreate itu masuknya vektor kyk illustrator gitu bukan sih?
Comment Author Avatar
Bukan bosku.
Procreate itu software berbasis bitmap/raster kayak Photoshop, bukannya software vector layaknya Illustrator.
Comment Author Avatar
Numpang nanya bang ipad 4 untuk saat ini masi bisa ndak di isi procreate. Rencana si cuman buat gambar sama layout2 gambar aja bang?
Comment Author Avatar
Tidak bisa.

Untuk rekomendasi iPad sudah pernah saya bahas detail di postingan

https://www.noov.site/2019/11/Rekomendasi-ipad-Desain-ilustrasi-2019.html
Comment Author Avatar
hai kak! mau nanya, aku ada gambar di procreate, terus aku save jd png dan hasilnya gambarnya pecah gitu kak, kira2 ada solusinya? thankyouu
Comment Author Avatar
emang berapa ukuran kanvas & DPI yang dipake?
Comment Author Avatar
Kak, mau tanya, untuk menggunakan Procreate harus menggunakan Apple Pencil atau bisa menggunakan stylus biasa?
Comment Author Avatar
Jangankan stylus biasa, pake jari juga bisa kok hehe...

Cuman kalo pake stylus non apple apple pencil, feelnya bakalan beda, fitur-fiturnya juga ga bakal bisa nyamain apple pencil.
Comment Author Avatar
Bang mau nanya. Untuk keperluan desain2 gitu, pake ipad 6 32gb kira2 cukup nggak ya? Maaf sebelumnya karna sayamsaya 'buta' dengan produk2nya Apple 😅
Comment Author Avatar
Aku juga pake ipad 6 32gb dan sampai sejauh ini belum pernah ngrasain storage penuh. Tapi aku gak pernah download lagu dan video ya...

Lagian kalo storage penuh bisa diakalin kok. Caranya yaitu dengan berlangganan icloud. Aku langganan icloud yang 50gb sebulan cuma bayar 50rb sebulan.
Comment Author Avatar
Wah blog ini keren parah, nyesel baru nemu sekarang. Setelah liat beberapa postingan di blog ini jadi makin yakin buat beli ipad.
Makasi ya bang atas postingannya yang sangat bermanfaat🥰

Btw vainglory dead game
Comment Author Avatar
Terimakasih ya atas apresiasinya. Aku ikut senang kalo tulisanku bisa membantu.

Hehe iyanih, akibat developernya (SEMC) lebih mentingin ngembangin in-game nya dan mengabaikan komunitas para gamernya.
Comment Author Avatar
Kak mending beli ipad 7 2019 atau ipad pro 2020. Kebutuhannya cmn untuk procreate sih bukan yg lain.
Comment Author Avatar
Kalo ada budget sih mending sekalian ipad pro 2020 ya, soalnya secara spek jauh lebih gahar dan lebih future proof. Ipad pro juga bisa mengakomodasi jumlah layer procreate yang lebih banyak jika dibandingkan dengan ipad 7.
Comment Author Avatar
Halo Noov, artikelnya sangat menarik tapi saya belum baca keseluruhan. Saya ada pertanyaan melalui email. Terima kasih.
Comment Author Avatar
Kak, untuk aplikasi procreate di iPad 6 sama 8 fiturnya kira2 sama ngak ya? Atau beda?
Comment Author Avatar
Untuk ipad 8 kurang tau ya, soalnya gak punya device-nya.
Kalo di ipad 6, gak ada fitur face paint karena keterbatasan performa hardware-nya. Tapi itu fitur hiburan si sebenernya, gak ada juga gak masalah.
Anyway, kalo pengen ngerasain procreate full fitur mending ambil ipad pro (minimal 2018) aja!
Comment Author Avatar
WKWKWK ternyata Andro Gabisa, knp aku baru tau
Comment Author Avatar
soalnya baru nyari tau, makanya baru tau
Comment Author Avatar
😙Setuju banget nih sama pembahasan-nya , pake aplikasi procreate emang semudah itu dalam menggambar….
terus cukup bayar sekali bisa acces permanent hahaha🤪

🤔Hemmm….Tapi ngomong ngomong soal procreate pasti enggak jauh dari fitur brush nya kan?? Pas bangett nihh Buat kalian yang nyari brush yang unik , berguna dan mudah dipakai…
bisa banget dwonload brush ini 👇🏼👇🏼

https://mooolagi.wordpress.com/2021/08/25/basic-brush-for-procreate/

Newbie pun bisa pakai brush ini , dan ada buanyak keuntungan lainnya! Check cuzz🥰❤️