Ingin Beli iPad untuk Keperluan Desain & Ilustrasi di Tahun 2019? Eits, Baca Ini Dulu Bray....!

Rekomendasi ipad untuk desainer dan ilustrator
Saat ini sudah banyak desainer dan ilustrator yang lebih memilih untuk menggunakan iPad sebagai alat tempur untuk bekerja sehari-hari. Mereka beralih dari penggunaan PC dan laptop yang terbilang ribet dan kurang ramah untuk diajak beraktivitas secara mobile.

Namun dalam memilih iPad untuk digunakan sebagai daily driver kita dalam bekerja tentunya ada beberapa kriteria yang harus kita jadikan pertimbangkan. Berikut adalah beberapa aspek yang patut dijadikan pertimbangan dalam memilih iPad menurut versi saya:

1. Ukuran Layar

Ini bagi saya sangat penting karena kan kurang nyaman juga jika kita menggambar di layar yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. Untuk kebutuhan dan penggunaan saya pribadi, ukuran 9 atau 10 inci sudah sangat ideal karena saya lebih sering bekerja di luar rumah daripada bekerja di rumah.

Jika saya diharuskan untuk menggunakan iPad dengan layar lebih kecil dari itu, iPad Mini misalnya, pasti saya merasa sangat tidak nyaman karena ukuran segitu kayaknya lebih cocok digunakan untuk keperluan gaming daripada untuk keperluan produktivitas seperti desain dan ilustrasi.

Lalu bagaimana dengan ukuran layar yang lebih besar dari itu (9-10 inci)?
Sebenarnya tidak terlalu masalah kita membeli iPad dengan ukuran yang besar karena dengan layar yang besar tentunya akan lebih puas, lega dan kita bisa membuat desain dan ilustrasi dengan lebih detail tanpa perlu zoom in-zoom out terlalu sering.

Mungkin masalahnya cuma ada di sisi mobilitas dan portabilitas saja karena ukurannya yang besar itu berarti kita juga butuh tas yang besar untuk menampungnya. Belum lagi kalau kita bekerja outdoor, di kafe misalnya, hampir pasti kita jadi bahan sorotan karena memang terlalu mencolok jika kita menggunakannya di ruang publik.

2. Tahun Rilis Si iPad

Hal ini menjadi penting karena sudah menjadi tradisi Apple untuk mengeliminasi produk-produk lamanya dengan tidak memberinya update OS, juga membuatnya lebih lamban dari yang seharusnya. Biasanya Apple akan berhenti memberikan support berupa update OS untuk produk-produknya yang sudah berumur lebih dari 5 tahun yang terhitung sejak pertama kali rilis.

Memang apa pengaruhnya kalau iPad kita tidak mendapatkan pembaruan software lagi? Banyak, dan bagi saya yang paling bikin gak enak yaitu kita jadi terbatas dalam mendownload aplikasi di App Store karena banyak aplikasi yang mensyaratkan minimal harus berada pada OS yang relatif baru.

Pengalaman saya sendiri punya iPad 3 (pertama kali rilis tahun 2012 yang saat ini hanya mentok di iOS 9.3.5 dan tidak dapat upgrade OS lagi) itu sangat menyiksa karena selain berasa sangat lemot, juga tidak bisa menikmati update-update dari beberapa aplikasi yang saya butuhkan, Procreate misalnya.

3. Support Apple Pencil

Sesuai dengan penjelasan saya di postingan sebelumnya, Apple Pencil adalah aksesoris yang paling worth it untuk dimiliki oleh kaum desainer dan ilustrator terlepas dari harganya yang cukup pricey. IPad dan Apple Pencil adalah ibarat pasangan emas Tsubasa dan Misaki (lah kok jadi anime?). Tanpa Apple Pencil, iPad hanya sebuah tablet biasa yang fungsinya tak jauh beda dengan smartphone.

Memang di luar sana banyak stylus-stylus produk pihak ketiga yang biasanya harganya lebih murah dibanding Apple Pencil, namun percayalah kalau Apple Pencil adalah stylus terbaik untuk ipad sejauh ini.

Kok tahu? Ya tahu-lah, soalnya saya sering banget nonton berbagai video review di Youtube yang membahas stylus alternatif untuk iPad. Hasilnya, stylus-stylus tersebut sangat tidak rekomended karena punya kekurangan masing-masing yang tidak tentunya kekurangan tersebut tidak kita dapati jika kita menggunakan Apple Pencil. Ada yang tidak support pressure sensitif, ada yang kurang responsif, ada yang desainnya kurang ergonomis untuk penggunaan dalam waktu yang lama serta berbagai kekurangan lainnya.

Jadi saran saya daripada membeli iPad yang tidak support Apple Pencil, mending nabung lagi dan belilah iPad yang sudah support Apple Pencil!

Kesimpulan

Berikut saya rangkumkan beberapa varian iPad sesuai dengan berbagai atribut penting yang sudah saya sebutkan di atas, juga level rekomendasinya:

Tabel varian iPad serta level rekomendasinya
Tabel varian iPad serta level rekomendasinya

NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

28 komentar untuk "Ingin Beli iPad untuk Keperluan Desain & Ilustrasi di Tahun 2019? Eits, Baca Ini Dulu Bray....!"

Comment Author Avatar
Terima kasih, sangat informatif
Comment Author Avatar
Yuhuu bosku...
Senang bisa membantu!
Comment Author Avatar
Kak kalau untuk desain pemula lebih cocok pakai yg apa ya kak?
Comment Author Avatar
Yang cocok adalah yang paling sesuai dg budget
Comment Author Avatar
Makasih ya kak, seneng bisa nemu blog ini, sangat membantu sekali.
Aku rencana pengen beli ipad, masih nabung2 dulu.
Keliatannya enak si bisa gambar lewat Ipad, secara pakai laptop dan pen display mulai terasa rempong. Apalagi aku yang kerja kantoran, dari pagi sampai sore melototin PC trus, pingin sesuatu yang praktis & simple untuk menyalurkan hobi menggambar.
Comment Author Avatar
Opini yang bagus anak muda...


Sekarang kembali kerja rodi!!!
Comment Author Avatar
kak minta saran mending nabung buat Ipad 6, Ipad 7, atau Ipad mini 5? minta srannya kak
Comment Author Avatar
Wah ya gak bisa bosku. Soalnya kebutuhan kita kan beda, jadi saya ga bisa kasih saran yang spesifik.

Keputusan ada di kamu sendiri, coba dipertimbangkan lagi dari ketiga ipad itu mana yang lebih bisa memenuhi kebutuhanmu, juga tentunya masih terjangkau sama budgetmu.
Comment Author Avatar
Kak klw ipad pro 2018 tapi yg 9.7 inch rekomen atau g kak?
Comment Author Avatar
Emang ada ya ipad pro 2018 9.7in? Keterangan di website resmi apple kok cuma ada varian 11in sama 12.9in?

Kalo ipad 6 2018 emang 9.7in, tapi itu ipad biasa ya, ga pake pro pro an.
Comment Author Avatar
kak kalo saya ada budget 7 sampe 8 untuk desain, yang cocok pake apa ya? terimakasih
Comment Author Avatar
Coba diperhatikan lagi spesifikasi dan fitur-fiturnya, lalu disesuaikan sama budget dan kebutuhan ya bosku 😉
Comment Author Avatar
waduh saya baru aja beli ipad pro 9.7 yg second. Gimana dong. 😩 Tapi masih dapat update ios kok. tadinya mau yg ipad 7 2019 tp ya gitu takut gak sebagus ipad pro
Comment Author Avatar
Ya gapapa juga bosku. Kalo buat setahun 2 tahun ke depan kayaknya masih aman kalo ipad pro 2016
Comment Author Avatar
terima kasih untuk sarannya, kak saya mau tanya, saya biasa kerja di laptop untuk adobe dan Corel draw, kalo di ipad pro support ya? karna maunya bawa ipad agar mudah dibawa kemana aja
Comment Author Avatar
Adobe itu adobe apa ya yang dimaksud? Adobe Photoshop ataukah Adobe illustrator?

Kalo corel draw di ipad sih enggak ada ya. Tapi kalo aplikasi pengolah vektor alternatif corel ada banyak. Misalnya yang gratisan ada vectornator, yang berbayar ada affinity designer.
Comment Author Avatar
Wah makasih infonya kak, salam kenal
Comment Author Avatar
Iya, sama-sama. Senang bisa membantu.
Comment Author Avatar
Kak ada yg nawarin iPad pro 10.2 256gb + ketboardnya harga 5,8 apakah itu worth it untuk aku beli?? Butuh saran kk
Comment Author Avatar
Coba ya diteliti lagi pada tabel di bagian kesimpulan postingan, apakah di situ ada ipad pro yang punya size 10.2?

Kalo 10.2in mah ipad basic edition, dan bukan ipad pro...
Comment Author Avatar
Kalau untuk sedikit mendesain (karena masihh ada laptop) apakah ipad 6 masih worthit untuk saat ini mas? Terus kira2 ipad 6 untuk 2 tahun kedepan masih aman untuk untuk dipakai nda ya? Btw makasih banyak mas infonya!
Comment Author Avatar
Untuk tahun ini menurutku masih worth kalo dijadiin tool backup laptop. Kalo untuk 2 tahun ke depan si kayaknya mending ambil ipad gen 7 atau 8 aja. Harganya kayaknya gak beda jauh.
Comment Author Avatar
Bushet maksimal 10jt (udh termasuk smart keyboard dan apple pencil), mending Ipad 7 2019 atau ipad 8 2020 bang?
Comment Author Avatar
Budget ya bosku, bukan bushet. Kalo bushet mah ekspresi terperanjat.
makin baru makin bagus ya, soalnya jangka waktu jaminan update OSnya jelas lebih panjang dibanding pendahulunya.
Comment Author Avatar
halo kak mau ikut bertanyaa
klo untuk keperluan ilustrasi gitu, 64gb itu kira kira cukup ga ya?
Comment Author Avatar
Aku cuma pake storage 32gb + langganan icloud 50gb.
Kalo gak banyak install aplikasi, gak suka download, dan penggunaan mostly buat ilustrasi sih menurutku masih cukup penyimpanan 64gb.
Comment Author Avatar
mendingan 32 gb atau 128 gb kak untuk buat keperluan ilustrasi?
Comment Author Avatar
semakin besar penyimpanan, semakin bagus. asal budgetnya cukup...