Mayor Update Procreate 5. Bisa Animasi Juga Lho!

Procreate 5 sudah rilis sejak akhir Desember lalu dan saya baru bisa merampungkan review Procreate 5 ini sekarang. Mungkin lumayan terlambat, tapi ya mohon dimaklumi soalnya update kali ini adalah update besar-besaran yang membawa segudang fitur baru. 

Oke langsung lanjut ke inti pembahasan postingan kali ini agar tulisannya tidak semakin panjang dan membuat kalian teler ketika membacanya ehe. Berikut ini adalah highlight feature yang disuguhkan Procreate di update v5:

1. Animation assist

Fitur animation assist procreate 5
Fitur animation assist Procreate 5
Menurut saya ini adalah the real upgrade di Procreate 5. Sungguh mindblowing di aplikasi sesimpel Procreate kita bisa membuat animasi frame by frame. Dan yang lebih mengejutkan lagi, fitur animasi di Procreate 5 ini benar-benar easy to use, bahkan untuk pemula di bidang animasi sekalipun.

Tidak seperti fitur animasi di Clip Studio Paint EX yang mengharuskan saya untuk mencari-cari tutorial demi memahami workflownya, fitur animasi Procreate sangat mudah saya pahami tanpa perlu tutorial. 

Untuk mengaktifkan animation assist kita cukup membuka menu actions, lalu pilih canvas, kemudian aktifkan animation assist dan taraaa kita pun bisa langsung mengkreasikan animasi kita. 

2. New UI, icon, etc.

Di Procreate 5 terdapat beberapa perubahan tampilan yang membuatnya tampak lebih cool dan elegan dibanding versi sebelumnya. 

3. Floating color wheel

floating color wheel procreate 5
Color picker yang selalu ada buat kamu! iya, kamu!
Ini adalah fitur yang sangat berguna karena dengan adanya fitur ini kita tidak perlu repot lagi untuk bolak-balik membuka color panel untuk memilih warna. Cukup dengan menyeret menu warna dan meletakkannya di bagian layar yang kita inginkan, maka menu warna akan selalu tampil sehingga memudahkan kita untuk mengganti-ganti warna.

4. Color harmony

color harmony procreate 5
Jadi semakin mudah buat memilih warna yang sedap bukan?
Mungkin beberapa dari kalian adalah pengguna Photoshop sebelumnya dan mungkin kalian tahu dengan plugin yang bernama Coolorus. Fitur ini fungsinya mirip-mirip dengan Coolorus yakni bisa digunakan sebagai pemandu kita dalam memilih warna yang tepat sesuai dengan teori warna. Di color harmony ini kita bisa memilih antara complementary, split complementary, analogous, triadic maupun tetradic.

5. Save & load selection

save & load selection procreate 5
Akses save & load selection
Fitur ini berguna untuk menyimpan seleksi yang kita lakukan dan menggunakannya lagi ketika dibutuhkan. Caranya yaitu dengan memilih menu bernama “save & load” setelah melakukan seleksi, maka seleksi tersebut akan langsung tersimpan. Lalu jika nanti kita membutuhkan seleksi tersebut, tinggal buka menu “save & load” kembali dan menggunakan seleksi yang kita simpan sebelumnya.

6. New graphic engine, Valkyrie

Procreate 5 dibekali mesin grafis baru yang bernama Valkyrie. Dengan mesin grafis yang baru ini, Procreate bisa lebih memaksimalkan opsi-opsi custom brush sehingga bisa memberi experience yang lebih menyenangkan dalam menggambar dibanding versi sebelumnya.

7. New brushes & Brush studio

new brushes procreate 5
Masih banyak brush baru selain ini ya!
Selain menambahkan beberapa koleksi brush baru yang tentunya sangat keren seperti yang sudah-sudah, Procreate juga menyediakan opsi untuk memodifikasi dan mengkreasikan brush secara lebih advanced.

Fitur edit brush ini diberi nama brush studio. Untuk opsi-opsi edit brush di brush studio ini, saya belum bisa menjelaskannya dengan detail karena saya sendiri biasanya juga pakai brush orang dan ogah buat modif brush sendiri ehe. 

new brushes procreate 5
Penampakan Brush Studio
Oh iya, sekarang kita juga bisa mengombinasikan, menggabungkan dua brush yang berbeda menjadi satu brush. Kalau di Dragon Ball, Goku dan Vegeta bisa fusion menjadi Vegetto maka brush di Procreate juga bisa fusion kaya gitu ehe.

combine brush procreate 5
Contoh implementasi kombinasi brush Procreate 5

8. Import photoshop brush

import photoshop brush procreate 5
Koleksi brush Kyle T. Webster (brush default Photoshop) yang berhasil saya impor
Ketika saya menyelam di forum Procreate, saya banyak menjumpai para pengguna Photoshop yang ingin menggunakan brush Photoshop mereka di Procreate. Dan di update kali ini, developer Procreate mewujudkan impian para user Photoshop tersebut.

Bahkan developer Procreate mengklaim kalau brush Photoshop bisa beroperasi dengan lebih baik dibanding ketika digunakan di Photoshop. Hmmm, saya gak bisa validasi klaim ini sih, soalnya saya gak terlalu intens menggunakan Photoshop.

Namun ada review di salah satu channel Youtube yang mengatakan kalau tidak semua brush Photoshop bisa diimpor ke Procreate, terutama brush yang punya settingan dual brush. Sebenarnya masih bisa diimpor, hanya saja tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya di Photoshop.

9. Color dynamics

color dynamics procreate 5
Hasil goresan brush yang menggunakan color dynamics
Dengan adanya color dynamics ini, kita bisa mencampurkan beberapa warna dalam satu brush. Sehingga ketika menggoreskan brush, kita akan mendapatkan variasi warna yang telah kita pilih dalam goresan brush tersebut.

10. CMYK support

CMYK mode procreate 5
Pilihan mode CMYK di Procreate 5
Jika pada procreate versi sebelumnya hanya menyediakan color profile RGB, pada update kali ini kita juga bisa memilih untuk menggunakan CMYK sebagai color profile. CMYK ini sangat cocok digunakan untuk file yang akan digunakan untuk keperluan printing.

11. Clone tool

clone tool procreate 5
Sampel hasil cloning di Procreate 5
Sesuai dengan namanya, fitur ini fungsinya seperti clone stamp tool di Photoshop. Yaitu untuk menduplikat gambar di area yang kita pilih untuk digunakan di area lain dalam kanvas. 


Bagaimana? Sudah teler membaca postingan ini? Semoga enggak ya, justru semoga postingan ini bisa membuat kalian jadi lebih semangat untuk mengeksplor fitur-fitur Procreate yang baru dan menggunakannya untuk menghasilkan karya yang wonderful

Atau buat kalian yang belum beli Procreate, buruan gih segera beli! Sudah deh, gak perlu khawatir uang Rp.150.000 kalian terbuang karena aplikasinya gak worth it. Saya jamin ini aplikasi benar-benar sebanding dengan uang yang kalian keluarkan. 

Atau kalian yang belum punya iPad, segera beli iPad! Asal kalian punya budget sekitar 5 jutaan, kalian sudah bisa dapetin iPad + Apple Pencilnya kok. Untuk panduan beli iPad yang paling cocok buat kalian, bisa dibaca di postingan ini ya...!
NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

Posting Komentar untuk "Mayor Update Procreate 5. Bisa Animasi Juga Lho!"