Motivasi Saya untuk Ngeblog

Bagi sebagian besar desainer grafis dan ilustrator yang suka bermain Instagram tentunya sudah banyak yang kenal dengan Babang Anang Hidayat alias Secondsyndicate khan?

Buat kalian yang belum tahu, Babang Ann adalah seorang ilustrator digital asal Semarang yang akhir-akhir ini harum namanya di jagad desain grafis. Dia sering jadi pembicara, narasumber di berbagai gathering desainer grafis Indonesia.

Hal tersebut wajar karena di akun Instagramnya, @secondsyndicate sering berbagi tips & trik seputar menjual karya di internet, juga berbagai hal yang bermanfaat lainnya. Dengan tagline khasnya "ah raimu!", Babang Ann terbukti sangat influential di Instagram jika melihat jumlah followernya yang saat ini sudah mencapai sekitar 18 ribuan dan engagement yang didapat di setiap postingannya.

Oke cukup sampai sini review tentang Babang Anang Hidayat dan saatnya kita kembali ke laptop!

Kebetulan sekali Babang Ann bikin konten terkait membangun audience dan menganjurkan untuk membuat website pribadi di saat saya sedang berinisiatif untuk membangun blog ini dengan lebih serius. Untuk postingannya kalian bisa cek di bawah ini:





Sebuah kiriman dibagikan oleh Ann (@secondsyndicate) pada

Nah, yang mau saya bahas itu postingan di slide pertama setelah judul yang isinya seperti ini:
Langkah awal yang mudah untuk membangun audience kita sendiri dengan memanfaatkan sosial media dan portfolio online. Kita bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter, Behance, Dribble, dan lain sebagainya. Tapi itu semua adalah platform umum atau global user. Maka dari itu sebaiknya untuk membangun audience kita sendiri maka sebaiknya kita buat website pribadi. Memanfaatkan sosial media sangatlah bagus untuk awal membangun audience. Jika sudah terbentuk maka arahkan audience itu ke website pribadi kita sendiri, maka akan terbentuk audience kita yang sebenarnya. Karena hanya audience itulah yang membutuhkan dan tertarik dengan konten kita.
Saya ingin membandingkannya dengan motivasi saya pribadi dalam blogging, jadi gak ada maksud sama sekali untuk menyalahkan postingan Babang Ann tersebut. Saya cenderung membenarkannya malah.

Well, tujuan utama saya ngeblog itu sebenarnya:

1. Problem solving

Saya mendapati sangat sulit untuk menemukan website maupun blog berbahasa Indonesia yang bisa dijadikan referensi, membahas seputar content creation (dalam hal ini desain grafis, ilustrasi, animasi, dan sejenisnya).

Memang sekarang mulai banyak kanal Youtube berbahasa Indonesia yang membahas seputar content creation. Hanya saja jumlahnya masih sangat minim dan belum memadai. Jadi buat kalian para desainer grafis & artist profesional, plis-lah jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kalian di internet. Lahan masih terbuka lebar, bro! Pasti akan banyak yang akan merasa terbantu dengan konten-konten kalian.

Oke, untuk Youtube memang masih sangat ada harapan bakal banyak designer & artist yang akan turun gunung dan menebar kontennya di situ. Namun beda nasib dengan blog dan website. Bisa dikatakan sangat langka blog/web yang fokus kontennya membahas desain & seni digital. Miris!

Beruntung, saya cukup mampu untuk memahami bahasa Inggris, jadi saya bisa belajar banyak dari kanal Youtube yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga ketika saat ini saya merasa sudah cukup punya wawasan dan skill, saya pun merasa tergerak untuk mengisi kekosongan di lini ini agar teman-teman yang kurang fasih berbahasa Inggris bisa terbantu.

2. Membangun personal branding

Wakila, salah satu tips membangun reputasi & personal branding yang terbukti ampuh di dunia internet marketing adalah dengan cara mempunyai website pribadi. Ini pula yang memotivasi saya untuk bikin blog.

Kalian tahu sendiri kan kalau skill gambar yang saya miliki pas-pasan dan jika tidak ditunjang dengan faktor lain, maka rasanya sulit bagi saya untuk membangun trust pada audience.

3. Media untuk promosi lapak sekaligus mencoba peluang monetisasi blog via Adsense

Untuk promosi lapak commission, saat ini sudah saya lakukan dengan cara memasang badge Fiverr di blog seperti yang bisa kalian lihat di sebelah kanan layar jika kalian menggunakan PC atau sebelah bawah postingan jika kalian menggunakan HP.

Sedangkan untuk lapak POD (Print On Demand) masih in progress karena saya belum sempat bikin karya untuk dijual di market tersebut. 

Kemudian Google Adsense, saya sudah berkali-kali mengajukan review untuk blog saya namun selalu ditolak. Mungkin alasannya karena jumlah postingan yang masih minim. Yakali Google mau nerima blog yang jumlah total postingannya masih 10 biji ehe.


Lalu apa korelasinya postingan Babang Ann di atas dengan motivasi ngeblog saya?

Ya, mungkin ini cuma sebagai pengembangan dari poin yang ditekankan Babang Ann, yakni membuat website pribadi dengan tujuan membangun audience. Ini lho potensi keuntungan lain yang akan kalian dapatkan dengan memiliki web/blog pribadi!

Intinya, dengan membuat blog ini saya berniat membantu memberi referensi pada teman-teman desainer grafis dan artist, khususnya para pemula. Tapi kalau ternyata gak ada yang merasa terbantu juga gapapa, toh yang penting saya sudah berniat untuk membantu ehe. #akurapopo
NOOV Studio
NOOV Studio Visual Art & Design Studio

4 komentar untuk "Motivasi Saya untuk Ngeblog"

Comment Author Avatar
Thanks sharingnya, memang menemukan niche market terkadang tidak perlu mencari jauh2 ya. Asal kita fokus dan konsisten.
Comment Author Avatar
Iya bosku. Mending ambil niche dari hal yang paling kita kuasai seluk beluknya, agar nantinya kita jadi lebih mudah dalam menggarap kontennya secara konsisten πŸ‘
Comment Author Avatar
Saya senang sekali menemukan blog ini karena anak saya (kelas 4 SD) lagi sedang mengeksplore Procreate dan juga menggambar. Bolehkah dapat email mas untuk berdiskusi? Terima kasih.
Comment Author Avatar
Terimakasih, senang bisa membantu 😊

Boleh. Silakan menghubungi saya via form kontak di bagian bawah blog ini...